Rabu, 12 Januari 2011

Menteri PPN/Kepala BAPPENAS Melantik Tiga Pejabat

Perlu dilakukan evaluasi kinerja terhadap capaian program pembangunan/program pemerintah khususnya terkait pelaksanaan RPJMN dan RKP, demikian disampaikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Prof. Dr. Armida S. Alisjahbana, MA, pada upacara pelantikan Pejabat Eselon I dan II Kementerian PPN/Bappenas yang berlangsung khidmat pada Selasa siang (11/01), pukul 11.00 WIB, di ruang rapat SG 1 – 4, Bappenas, Jakarta.

Para pejabat yang resmi dilantik oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Prof. Dr. Armida S. Alisjahbana, MA antara lain Ir. Wismana Adi Suryabrata, MIA sebagai Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan; Dr. Ir. Edi Effendi Tedjakusuma, MA, sebagai Deputi Bidang Evaluasi Kinerja Pembangunan; dan Ir. Rudy Soeprihadi Prawiradinata, MCRP, Ph.D, sebagai Direktur Penanggulangan Kemiskinan. Nampak hadir dalam pelantikan tersebut Penasehat Menteri PPN/Kepala Bappenas, para Pejabat Eselon I, II, III, serta Pejabat Fungsional Perencana Kementerian PPN/Bappenas.

Menteri PPN/Kepala Bappenas menyampaikan amanat kepada pejabat yang baru saja dilantik, antara lain kepada Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan yang baru agar melanjutkan reformasi perencanaan dan penganggaran; mempertajam new initiative ke dalam proses penyusunan RKP dan bekerja sama dengan para Deputi terkait; mengidentifikasi, mencari, merencanakan penganggaran alternatif sumber pendanaan pembangunan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan.

Kepada Deputi Bidang Evaluasi Kinerja Pembangunan yang baru, Prof. Armida berpesan agar dapat dilakukan evaluasi kinerja terhadap capaian program pembangunan/program pemerintah khususnya terkait pelaksanaan RPJMN dan RKP. “Pengembangan dan implementasi metodologi evaluasi kinerja pembangunan tidaklah hanya berupa pelaksanaan dan penganggaran, melainkan impact evaluation. Selain itu, dibutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam monitoring dan evaluasi agar hasil-hasil evaluasi menjadi relevan,” harap Armida.

Menteri PPN/Kepala Bappenas menyampaikan kepada Direktur Penanggulangan Kemiskinan yang baru agar berkoordinasi dalam mengawal berbagai program pengentasan kemiskinan, mulai dari perencanaan, implementasi, dan evaluasi. “Penanggulangan kemiskinan perlu selalu melihat kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan, sinergi pusat dan daerah, serta tata kelola yang baik,” imbuh Armida.

“Kepada seluruh Pejabat Kementerian PPN/Bappenas agar memperhatikan aspek pembinaan, peningkatan kapasitas dan pemberian peluang kepada para staf merupakan tanggung jawab yang harus selalu diperhatikan,” pungkas Menteri PPN/Kepala Bappenas.


0 komentar

Posting Komentar